Keuntungan Memiliki Anak Yang Suka Bertanya

Keuntungan Anak Yang Sering Bertanya – Mungkin bagi sebagian orangtua, akan merasa kesal dengan kebiasaan si kecil yang selalu bertanya dan cerewet. Bahkan ada yang menganggap jika hal tersebut sangat mengganggu, apalagi di waktu-waktu yang tidak tepat. Namun tahukah anda, bahwa ternyata anak yang selalu bertanya tentang segala hal itu justru pertanda baik.

Nah orangtua hendaknya menanggapi setiap kecerewetan dan keingintahuan anak dengan bijaksana, jangan hanya asal jawab karena semua yang anda katakan dapat diingat dan ditiru oleh anak sampai kapan pun. Jadi sangat penting bagi orangtua, untuk mengetahui atau menyikapi kebiasaan sang anak yang suka bertanya tersebut.

Nah berikut adalah beberapa keuntungan memiliki anak yang suka bertanya, yang sebaiknya orang tua pahami.

Keuntungan Memiliki Anak Yang Suka Bertanya

Keuntungan Memiliki Anak Yang Suka Bertanya

1. Lebih Logis

Anak yang suka bertanya menandakan bahwa keingintahuannya sangat besar, dia merasa ada sesuatu yang janggal dan harus dicari tahu tentang kebenarannya. Di sinilah orangtua harus memberikan jawaban-jawaban yang logis agar pola pikir anak nantinya tidak salah. Karena masa anak-anak ini sangat mempengaruhi cara berpikir anak ketika dewasa. Apa yang diperoleh anak ketika masih kecil ya itu pula yang akan terbawa hingga dewasa. Apabila anda sebagai orangtua bijak dalam menyikapi setiap pertanyaan-pertanyaan si-anak dan memberikan jawaban yang sesuai, maka pola pikir yang terbentuk pun akan runtut.

2. Berpengetahuan Luas

Sifat anak yang selalu ingin tahu sesuatu dan bertanya kepada orang lain tentu saja akan memperkaya pengetahuan mereka sendiri. Namun hal ini juga harus oleh orang sekitarnya dengan tidak memberikan jawaban yang salah atau seenaknya saja. Anda sebagai orangtua tentunya menjadi pusat pembelajar untuk anak, apa pun yang anda lakukan dan katakan pasti akan berpengaruh terhadap pola pikir si-kecil. Maka dari itu jangan pernah ragu bertanya kepada orang lain tentang hal-hal yang belum anda pahami, anda pun dituntut untuk belajar dan tahu lebih dahulu untuk bisa memberikan jawaban yang benar kepada anak.

3. Lebih Peka

Jangan pernah beranggapan jika anak yang suka bertanya itu karena  terlalu kepo dengan urusan orang lain, justru anak-anak yang gemar bertanya tentang segala hal ini sebenarnya menandakan bahwa anak tersebut memiliki empati yang tinggi. Yaps, anak bertanya karena ada sesuatu yang mengusik pikiranya ketika melihat atau pun mendengar hal-hal yang janggal. Inilah pertanda bahwa si kecil memiliki jiwa sosial yang tinggi dan sangat peduli dengan orang lain. Jadi anda sebagai orangtua jangan salah mengartikan dan justru menganggap hal tersebut aneh. Ketika anak berusaha untuk bertanya, hindari memberi mereka jawaban ketus dan cuek karena ini dapat mengajarkan pada anak bahwa orang lain tidak bisa menghargai perhatiannya. Si anak pun nantinya dapat meniru perlakuan anda kepada dia, sehingga anak menjadi orang yang tidak berempati kepada orang lain.

4. Rajin

Berbagai pertanyaan yang dilontarkan anak kepada anda, ini menandakan bahwa anak memiliki keinginan yang kuat untuk belajar dan mengetahui sesuatu. Maka dari itu secapek dan serepot apa pun anda, jangan sampai memarahi si kecil ketika mereka banyak bertanya. Apresiasi keingintahuan anak, dengan memberikan perhatian atau menanggapi setiap yang yang ditanyakan si anak. Nah anda sebagai orangtua tentu saja tidak hanya fasilitator tetapi juga harus memberikan keteladanan, menjadi contoh yang baik untuk anak. Dampingi setiap aktivitas anak, dan jangan malas untuk menjawab anak.

Nah itu dia  informasi seputar bagaimana keuntungan memiliki anak yang suka bertanya. Jangan anggap hal tersebut merepotkan dan menjadi beban. Sebagai orangtua tentunya anda patut bangga dengan kecerewetan si kecil tersebut, karena itu menandakan bahwa si kecil sangat peduli dengan orang atau hal di sekitarnya.