Ini Dia Tanda Si Kecil Siap MPASI

Tanda-Tanda Si Kecil Siap MPASI – Ingin memberikan yang terbaik untuk anak tentu menjadi keinginan semua orang tua, tidak hanya soal masa depan mereka kelak namun juga setiap hal yang menunjang proses tumbuh dan kembangnya si kecil. Nah maka dari itu banyak para ibu yang memberikan makanan pendamping asi kepada si kecil.

Para orang tua tentu harus paham betul berapa usia ideal dan karakteristik si anak kapan bolehnya diberikan makanan pendamping asi. Terkadang orang tua memberikan makanan pendamping asi ini sembarangan yang penting si kecil mau dan kenyang. Nah hal seperti itu tentu tidak baik bagi si kecil, bayi dengan usia kurang dari 6 bulan pencernaannya belum siap untuk menerima makanan selain ASI.

Pemberian MPASI ini harus diperhatikan betul meski pun tidak ada aturan baku yang mengatur kapan pertama kali MPASI harus diberikan, namun pemberian MPASI yang salah bisa mengakibatkan anak mengalami malnutrisi yang tentunya dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Maka dari itu ibu harus benar-benar memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk memberikan MPASI pada si kecil selain melihat dari usia mereka, anda juga bisa memperhatikan tanda-tanda si kecil yang siap untuk MPASI. Berikut ulasannya untuk anda:

Tanda Si Kecil Siap MPASI

Tanda Si Kecil Siap MPASI

1. Bayi Dapat Duduk Tegak dan Menegakkan Kepalanya

Rata-rata bayi usia 4 hingga 5 bulan sudah mampu duduk dengan tegak dan menegakkan kepalanya meski pun juga ada beberapa bayi di usia tersebut yang masih memerlukan bantuan (di topang) ketika duduk. Pada masa ini leher si kecil sudah mulai kuat yang nantinya ketika menelan makanan leher mereka bisa lurus.

2. Bayi Sudah Bisa Duduk Dikursi Makan Khusus

Dari awal memperkenalkan makanan biasakan si kecil untuk duduk sendiri dan berada di lingkungan meja makan. Hal ini mengajarkan kepada anak untuk terbiasa duduk tegak yang dapat berpengaruh pada postur tubuhnya. Banyak para ibu yang merasa kasihan pada anak kemudian tetap membiarkan anak makan sambil berdiri atau pun duduk senderan, hal itu sebenarnya tidak baik buat anak.

3. Bayi Membuka Mulut Lebar Ketika Disodorkan Sendok Ke Mulut Mereka

Coba saja dekatkan sendok kepada si kecil, jika respon yang diberikan baik yaitu mereka mau membuka mulutnya maka si kecil sudah siap untuk di MPASI. Pada usia 6 bulan bayi biasanya menirukan apa yang kedua orangtuanya lakukan, sehingga mereka juga ingin mencobanya.

4. Bayi Tertarik dengan Apa yang Anda Makan

Perhatikan tingkah dan ekspresi si kecil bila anda sedang memakan maupun memegang makanan. Jika anak memandangi dan merengek untuk mengambilnya maka bisa dikatakan bahwa  bayi siap untuk MPASI.

5. Terjadinya Perubahan Pola Makan dan Pola Tidur pada Si Kecil

Perhatikan pola tidur si kecil, di usia 6 bulan anak biasanya sudah dapat tidur  lebih lama di malam hari sehingga tidak sering bangun setiap 2-3 jam sekali. Nah jika di usia tersebut justru anak sering nangis dan terbangun di malam hari maka bisa jadi mereka lapar.

Hal itu juga  bisa dilihat dari pola makan maupun minum si anak, misalnya jika biasanya sehari minum 5 gelas susu dan tiba-tiba anak meminta 7-8 gelas susu maka itu menjadi pertanda bahwa si kecil siap MPASI.

Selain memperhatikan tanda-tanda tersebut, anda sebagai orang tua juga harus tahu menu-menu makanan pendamping asi yang cocok bagi si kecil. Tentunya makanan-makanan sehat dan bergizi yang diperlukan bagi pertumbuhan mereka.

Baca Juga:

zucchini mpasi, aneka mpasi salmon, aneka mpasi kentang, aneka mpasi bayi 9 bulan, anak mpasi tidak bab 2 hari, anak mpasi sulit bab, anak mpasi muntah, anak mpasi minum asi berkurang, alpukat mpasi bayi, alat mpasi bayi yang bagus